welcome

welcome to rohis muslim SMA N 12 batam

Jumat, 16 Maret 2012

Tips Belajar Bahasa Arab

Tips Belajar Bahasa Arab

Berikut ini adalah tips belajar bahasa arab yang insyaallah membantu mempercepat menguasai kaidah-kaidah bahasa arab :
  • Memperbaiki niat belajar, sebelum belajar kita harus memperbaiki niat karna niat sangat penting sekali.Sebagaima dalam hadist Nabi s.a.w yang mafhumnya “sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya” .Selain memperbaiki niat, kita juga harus berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan belajar bahasa arab.
  • Membaca Al-qur’an, Allah s.w.t menurunkan Al-qur’an berbahasa arab  Allah s.w.t berfirman dalam surat yusuf  yang atinya” Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya“.
  • Menghafal kosakata, inti bahasa adalah kosakata tampa kosakata kita tidak akan bisa berbahasa.Kamus bahasa arab yang sering digunakan adalah Kamus Munawwir, atau bisa menggunakan kamus yang lain.
  • Belajar dengan guru, dengan adanya guru kita dapat bertanya tentang pelajaran bahasa arab yang belum kita mengerti.Kita juga akan mendapatkan doa dari guru, yang insyaallah dengan doa beliau kita dipermudahkan belajar bahasa arab.
  • Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan mengulang-ulang pelajaran bahasa arab, Az-Zuhri rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya ilmu itu dicari seiring dengan perjalanan siang dan malam, barangsiapa yang ingin mendapatkan segudang ilmu secara tiba-tiba niscaya ilmu yang diperolehnya akan cepat hilang”.
  • Bersungguh-sungguh dalam belajar bahasa arab, sebagaimana dikatakan “Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkannya”.Allah s.w.t akan membalas semua jerih payah kita, jadi kita tidak boleh bermalas-malas.
  • Membaca buku pelajaran kaidah bahasa arab, buku-buku pelajaran kaidah bahasa arab yang sudah diterjemahkan antara lain ; Nahwu Kilat, Shorof  Kilat dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar