welcome

welcome to rohis muslim SMA N 12 batam

Jumat, 16 Maret 2012

Bahasa Arab Fashohah dan Ammiyah

Bahasa Arab Fashohah dan Ammiyah

Hari ini (tanggal 11/09-2011) bertubi-tubi ditanyai member page bahasa arab FB mengenai perbedaan bahasa arab fashohah dan bahasa arab ammiyah. Padahal semua bahasa memiliki bahasa daerah + bahasa nasional masing-masing. Contoh, bahasa indonesia adalah bahasa nasional Bangsa Indonesia sedangkan bahasa daerahnya buanyak tenan. Seperti bahasa jawa, dan dalam bahasa jawa sendiri ada dua macam bahasa yakni bahasa lembut dan bahasa kasar. Sebagian keturunan jawa tidak mengerti akan sub bahasa jawa itu sendiri.
Orang-orang pada tidak mengerti or pura-pura tidak mengerti apa yeah mengenai perbedaan suatu bahasa? penulis yakin mereka bertanya seperti itu karena mereka belum tahu akan ilmunya. Seandainya mereka tahu lantas buat apa menanyakannya ke penulis. Ya kan? Lanjut ke pembahasan, ketahuilah bahwa bahasa arab Al-Qur’an (istilah yang digunakan oleh orang arab) adalah bahasa arab yang paling indah susunan tata bahasa-Nya. Tidak heran kalau bahasa arab Al-Qur’an diturunkan di Negeri Arab, wong bangsa arab jahiliyah dulunya suka dengan syair-syair dan mereka juga memperlombakannya hatta dengan syair-syair indah mereka mampu membuat pendengar merasa kehilangan kesadaran ( betul ga yeah? ). Ketika Al-Qur’an di turunkan mereka ( para penyair ) mengira kalau Al-Qur’an adalah perkataannya sahir ( penyihir ) kaahin ( tukang tenun ) dst. Ketika para penyair dan bangsa arab jahiliyah mendangarkan lantunan ayat suci dibacakan ( fakta membuktikan bahwa mereka terkesan dengan bacaan Al-Qur’an) mereka kagum bin taajub dengan keindahan susunan bahasa yang digunakan oleh Al-Qur’an. Latas mereka berkata, “Al-Qur’an ini tidak mungkin ciptaan/buatan manusia melainkan buatan Sang Pencipta manusia”.
Kembali ke topik bahasan “perbedaan bahasa arab fashohah dengan bahasa arab ammiyah”. Setahu penulis, bahasa arab fashohah adalah bahasa arab yang digunakan oleh para pelajar, dosen, dan infotaiment. Sedangkan bahasa arab ammiyah adalah bahasa daerahnya mereka, seperti bahasa arab ammiyah Mesir dan bahasa arab amiiyah Yaman. Kedua bahasa ammiyah tersebut memiliki perbedaan, contohnya apa ya? penulis lupa hehehe. Maklum sudah lama tidak mengulang bahasa arab ammiyah, untuk sementara waktu penulis hanya fokus ke bahasa arab fashohah.
Dari tadi ngebahas fashohah dan amiiyah, emang fashohah dan amiiyah itu artinya apa? baca dengan penuh penghayatan yeah, fashohah atau fushhah artinya fasih. Bahasa arab fashohah istilah kasarnya adalah bahasa tertingginya bangsa arab. Sedangkan ammiyah artinya umum, istilah kasarnya adalah bahasa daerah. Saran penulis, bagi Anda yang ingin belajar bahasa arab, pelajarilah bahasa arab fashohah jangan mempelajari bahasa arab ammiyah terlebih dahulu ( hanya sekedar saran loh, kalau tidak mau juga gpp kok ). Bahasa arab yang digunakan secara internasional adalah bahasa arab fashohah dan jarang sekali orang yang menggunakan bahasa arab ammiyah sebagai alat komunikasi antar bangsa.
Sekian dulu penjelasan dari penulis, insyaAllah di lain waktu penulis akan mengupdate artikel yang ngebahas seputar bahasa arab walau tidak sesering nge-update artikel bermanfaat. Maklum buku panduannya ( Qowaid Asasyyah ) tidak ada di rumah, makanya penulis agak ragu untuk mengupdate artikel nahwu + shorof. Apa lagi ilmu nahwu + shorof penulis lumayan bla bla bla. Faham kan? insyaAllah Anda faham.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar