welcome

welcome to rohis muslim SMA N 12 batam

Jumat, 16 Maret 2012

Amalan-Amalan Sunnah Di Bulan Puasa Ramadhan

Amalan-Amalan Sunnah Di Bulan Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah Dan Rahmat, Bulan penuh ampunan (maghfirah) Bulan yang paling mulya di sisi-Nya segala do’a dan permohonan di ijabah, semua amalan ibadah sunah menjadi pahala ibadah wajib, sedangkan ibadah wajib dibulan suci Ramadhan mendapat pahala berlipat ganda.
Bagi umat islam yang beriman bulan ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan untuk berburu pahala serta ampunan dari segala dosa yang telah lalu. Bulan penuh dengan keajaiban serta lebih baik dari seribu bulan.
Memperbanyak amalan-amalan sunah di bulan ramadhan untuk memperolah keutamaan bulan suci Ramadhan. Berikut amalan yang bisa dilakukan dibulan ramadhan :
1. Membaca Al-quran
Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan karena itu sangat diutamakan banyak membaca  Al-quran dibulan Ramadhan seperti dikatakan Iman Az-Zuhri pernah berkata : Apabila datang Ramadhan maka kegiatan utama kita (selain shiyam) ialah membaca Al-Quran.
2. Sholat Tarawih (Qiyamu Ramadhan)
Sholat malam bulan Ramadhan/teraweh sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW:
Barang siapa yang melakukan qiyam Romadon dengan penuh iman dan perhitungan, maka diampuni dosanya yang telah lalu (Muttafaqun’alaihi)
Sholat Teraweh bisa dilaksanakan di masjid atau mosholla, tapi yang berhalangan hadir bisa melaksanakan dirumah berjema’ah atau sendirian waktu sholat teraweh mulai dari waktu isya’ sampai waktu imsak. Jumlah raka’at 8 raka’at 4 salam+witir atau 20 rakat 10 salam + witir (Ada perbedaan pendapat) namun perbedaan tidak penting yang penting melaksanakan.
3. Perbanyak Shodaqoh/infaq
Memperbanyak Shodaqoh dibulan Ramadhan, bisa berupa makanan atau uang walaupun hanya seribu dua ribu perak bagi orang yang membutuhkan bisa tetangga atau orang yang kita temui dijalan.
4.  Memperbanyak Dzikir/sholawat, do’a dan istighfar
Memperbanyak dzikir (menyebut nama Allah) bersholawat dan istighfar untuk memohon ampunan dari segala dosa yang pernah kita dilakukan. Hal ini bisa dibaca dalam hati, dimobil atau bahkan saat kita sedang berjalan.
4. Memberi Makan Pada Orang yang Berpuasa
Hal ini bisa dilakukan pada orang-orang sekitar atau pada orang lain diluar wilayah kita. Bisa dilakukan pada saat kita sedang pulang kerja dimana banyak orang-orang kemalaman dijalan sehingga harus berbuka puasa dipinggir jalan
5. Segera Berbuka Puasa
Jika waktu maghrib sudah tiba segeralah berbuka puasa jangan menunda. Menyegerakan berbuka akan mendatangkan kebaikan. Rasulullah SAW bersabda :
“Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)
6. Mengakhiri Waktu Makan Sahur
Disunnahkan makan sahur mendekati waktu terbit fajar (imsak)
7. Meninggalkan perkataan kotor
Menghindari perkataan kotor pada saat sedang menunaikan ibadah puasa atau perkataan yang tidak bermanfaat, agar terjaga dari batalnya pahala puasa
7. Mempererat Tali Silaturrahmi
Meningkatkan tali ukhuwah dengan sesama serta perbanyak mengikat tali persaudaraan, seperti berkunjung ke sanak saudara, jika tidak memungkinkan bisa dengan SMS, telepon dll.
Sebenarnya masih banyak amalan baik atau amalan-amalan sunah di bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan dengan mudah, mudah dan sangat mudah untuk memeperoleh keutamaan di bulan suci Ramadhan.

1 komentar:

  1. terima kasih banyak atas infonya dari saudaraku ini..
    semoga semuanya dibalas setimpal oleh Allah SWT.
    Amiin..



    #Salam Saudara :D

    BalasHapus