welcome

welcome to rohis muslim SMA N 12 batam

Senin, 12 Maret 2012

Belajar Bahasa Arab yukz…


Belajar Bahasa Arab yukz…

اسّلام عليكم ورحمةالله وبركاته…
9 tahun saya sekolah di sekolah Islam. Selama itu pula saya belajar bahasa Arab, ilmu tajwid, hahwu dan sharaf. Dulu saya semangat sekali belajarnya karena saya fikir itu sangat berguna kelak ketika saya naik haji. Amin…
Ilmu nahwu sharaf hanya sekitar 5% yang saya ingat. Sulit sekali dipelajari oleh anak kelas 6 MI. Khususnya bagi saya sendiri (karena males kali yawh???). Sekarang baru deh menyesali. Kalau bahasa Arab saya ingat sedikit-sedikit. Yah… seputar percakapan sehari-hari karena masih dipakai saat Rohis.
Dasarnya belajar bahasa Arab adalah:
Terjemah/ mean
Tunggal
/مُفْرَدَتُ
bisa dihitung / مُثََنَّ
jamak/جَمَعْ
Saya /me
أَنَا
نَحْنُ
Kamu (lk) / you (men)
أَنْتَ
أَنْتُمَا
أَنتُمْ
Kamu (pr) / you (women)
أَنْتِ
أَنتُمَا
أَنتُنَّ
Dia (lk) / he
هُوَ
هُمَا
هُمْ
Dia (pr) / she
هِيَ
هُمَا
هُنَّ
Berikut percakapan sederhana tentang perkenalan dalam bahasa Arab:
جعفر: اسّلام عليكم
Keselamatan untukmu.
لتيفة : وعليكم السّلام ورحمةالله
dan keselamatan untukmu pula, dan rahmat Allah selalu menyertaimu.
جعفر: أنا تلميذ جديد, اِسمي جعفر.
saya murid baru, nama saya Ja’far.
لتيفة : أهلا جعفر, اِسمي لتيفة.
selamat datang, ja’far, nama saya latifah.
جعفر: أهلا لتيفة, كيف حالك؟
sama-sama, Latifah. Bagaimana kabarmu?
لتيفة: أنا بخير, اَلحمدلله,و أنت
saya baik, segala puji bagi Allah. Dan engkau?
جعفر: أنا بالصحة, الحمدلله
Saya juga sehat, segala puji bagi Allah
لتيفة : هل أنت جَاوِي؟
Apakah engkau orang Jawa?
جعفر: نعم, أنا جَاوِي. و أَنت؟
Ya, saya orang Jawa. Dan engkau?
لتيفة : أنا سُنْدَاوِيةٌ.
Saya orang Sunda.
جعفر: مِنْ أين أنتِ؟
Dari manakah engkau?
لتيفة : أنا من تاَسِكْمَلاَيَا, و أنتَ؟
Saya dari Tasikmalaya. Dan engkau?
جعفر: أنا من صُوْلُوْ, إلى اللّقاء.
Saya dari Solo. Sampai bertemu lagi, ya.
لتيفة : في أمان الله.
Hati-hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar