welcome

welcome to rohis muslim SMA N 12 batam

Jumat, 16 Maret 2012

Bahasa Arab Dapat Menambah Kecerdasan

Bahasa Arab Dapat Menambah Kecerdasan

Salah satu manfaat belajar bahasa arab adalah “Mencerdaskan Otak“, sebagaimana dikatakan Abdul Hamid bin Yahya (تَعلمُوا العرَبِيةَ فإنهاَ تزِيدُ فى العقلِ) Belajarlah Bahasa Arab Karna Bahasa Arab Dapat Menambahkan Kecerdasan.Lalu apa yang membuat bahasa arab dapat menambah kecerdasan ?
Ketika kita mempelajari bahasa arab, otak kita akan memproses apa yang kita baca dan lihat.Hal ini tidak akan dirasakan apa bila kita tidak bisa berbahasa arab, akan tetapi kita akan fokus membaca dan melihat pelajaran apa bila kita memahami bahasa arab.Mengapa? bahasa arab berbeda dengan bahasa indonesia, susunaan bahasa indonesia sudah baku dan mudah dipahami.Sedangkan bahasa arab berbeda-beda dan mempunyai banyak makna.
Ketika kita belajar kitab gundul (tidak berharokat), kita harus menganalisi kosakata, kedudukan dan harokat.Apa bila kita salah menganalis, maka akan berdampak pada maksud bacaan yang sedang dibaca.
Contoh : ذهب محمد
Dari kalimat diatas kita harus menganalisi harokat apakah yang cocok untuk kalimat tersebut? dan apa yang di inginkan.Jika kita  memahami tata bahasa arab, maka kita akan menjawab bahwa kalimat tersebut kurang sempurna.ذهب محمد (Muhammad pergi) kira-kira yang kurang apa ya? coba para pembaca mengoreksi apa yang perlu ditambahi pada kalimat diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar